Gun

Kamis, 07 September 2017

Cerita Kuliah di UKI Selama Setahun

Halo semuanya! Apa kabar? Kabarnya... Luar biasa. 😇

Oh ya, perekenalkan diri saya:
Nama Lengkap: David Franklin Mandala
Nama Panggilan: David
Lulusan SMA: SMA Negeri 9 Bekasi
Pekerjaan: Mahasiswa Semester 3
Tempat Pekerjaan: Universitas Kristen Indonesia (UKI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Fisika.

Saya kuliah di UKI rasanya sangat beda dengan masa SMA. Kenapa saya kuliah di UKI? Karena saya tak diterima di PTN. Bahkan saya sudah mencoba masuk PTN melalui Ujian Mandiri, tetep juga gagal. Yahh... namanya keberuntungan belum disitu. Mungkin saya harus kuliah di PTS (UKI) supaya saya sadar bagaimana sistem pendidikan di Swasta. Wajarlah saya dari SD sampai SMA Negeri terus. Tahu saja, kuliah di PTS biayanya mahal daripada PTN. Tapi, walaupun saya kuliah di PTS (UKI) biayanya tidak semahal yang saya bayangkan dan itupun sebandinglah dengan fasilitas yang didapat dari Kampus.

Sebelum memasuki perkuliahan, saya mengikuti PPMB (Program Pembinaan Mahasiswa Baru) yang diselenggarakan pada 29 Agustus 2016 s/d 03 September 2016. Saya masih merasa sendirian, karena orang yang saya ketemu belum kenal. Tetapi, pas PPMB hari Pertama, saya sudah diajak kenalan sama Kakak LO, yang bernama Dina Ezra (Mahasiswi FE 2013). Akhirnya saya mulai betah dan senang kuliah di UKI. Kalau PPMB di UKI, ada acara Sidang Senat Terbuka, Kunjungan Kampus, Penegenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), Talkshow Sejarah dan Nilai-Nilai UKI, sampai KKR pun ada. Tidak hanya itu, di UKI, ada juga yang namanya PPMB Fakultas, tapi hanya diselenggarkan selama 1 hari.

Setelah mengikuti PPMB, saya masuk perkuliahan awal dan ketemu teman-teman yang kece. Di awal perkuliahan hari pertama, saya memulai Registrasi Online terlebih dahulu supaya saya bisa mengikuti mata kuliah yang akan saya tempuh selama satu semester. Setelah RO pertama, saya kuliah Etika Kristen yang diampu oleh Pendeta Kampus bernama Pdt. Wellem Sairwona, M.Th. Pendeta memberikan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) untuk saya dan teman satu Program Studi (prodi) angkatan 2016. Jadi perkuliahan di Minggu Pertama, pasti membahas RPS untuk pengenalan mata kuliah yang akan ditempuh.

Aktivitas yang saya lakukan selama semester 1 di UKI adalah:
* Mengikuti Perkuliahan yang menerapkan SCL (Student Centered Learning)
* Mengikuti Kuliah Umum "Implementasi Nilai Pancasila Dalam Perspektif Etika Kristen" Bersama Narasumber Ibu Gusti Kanjeng Ratu Hemas
* Mengikuti Program Pengembangan Kepribadian, yaitu "Tutorial Etika" selama 14 minggu pada Hari Sabtu
* Mengikuti Seminar dari UPKK (Unit Pelayanan Kerohanian dan Konseling)
* Mengikuti Program Fun English
* Mengikuti Seminar Asian Week 2016 dari Fakultas Sastra UKI

Disamping itu, saya dan teman-teman dapat waktu liburan menyambut natal dan tahun baru selama 3 minggu dari Kampus, setelah diadakannya Perayaan Natal Kampus UKI.

Setelah kuliah Semester 1 pada akhir Bulan Januari, saya dan teman-teman libur selama 1 bulan.

Aktivitas yang saya lakukan selama semester 2 di UKI:
* Mengikuti Perkuliahan yang menerapkan SCL (Student Centered Learning)
* Mengikuti Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tingkat Wilayah
* Mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dari FKIP UKI
* Berpartipasi menjadi panitia dalam acara khusus Prodi, "Physics Fun Week 2017"

Pada pekan lebaran 2017 (Ramadhan-Syawal 1438 Hijriah), saya dan teman-teman 1 prodi 1 angkatan masih kuliah untuk menyelesaikan tugas dan evaluasi akhir semester genap.

Setelah kuliah semester 2 pada awal Bulan Juli,  saya dan teman-teman libur hingga 2 bulan. 😊

3 komentar:

  1. Semangat yaa David. Terus berharap akan rencana Tuhan dalam Hidupmu ya dek.GBU

    BalasHapus
  2. Senang bisa membaca tulisanmu, David. Pembelajaran di Universitas memang bukanlah hanya di bangku perkuliahan, banyak hal yang dapat kita explore untuk menjadikan versi diri kita lebih baik dari sebelumnya. Selalu semangat ya. Senang bisa berjumpa denganmu, David.

    Yahya Ayash,
    Universitas Diponegoro
    Semarang

    BalasHapus

Ini Baru Pahlawan Zaman NOW

Selamat Memperingati Hari Pahlawan 2017. Mari Seluruh Rakyat Indonesia  🇮🇩  tetap memperkokoh Persatuan demi kemajuan Pembangunan Neg...